Sabtu, 02 Mei 2009

Banyak CSR Kurang Tepat Sasaran

BANYAK program corporate social responsibility (CSR) perusahaan ditengarai kurang tepat sasaran, dan malah mubazir. Ini menunjukkan sebagian CSR masih dilaksanakan perusahaan sebatas kewajiban tanpa perhitungan manfaat dan potensi pemberdayaan pada masyarakat.

Demikian disampaikan Piet Supriyadi, Deputy Executive Director Kemitraan Partnership, di sela-sela talkshow "Potret dan Peluang CSR Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Sekitar Hutan", Rabu (14/1), di Grha Sabha Pramana UGM. Acara ini rangkaian Pekan Raya Hutan dan Masyarakat 2009.

Menurut pengamatan Piet, banyak perusahaan di Indonesia hanya menyerahkan uang kepada pihak-pihak tertentu yang diserahi menjalankan program CSR. Perusahaan tak mau repot-repot melakukan survei, mengkaji, dan melibatkan penuh masyarakat.

"Beranjak dari itu, dikhawatirkan uang CSR perusahaan malah sia-sia karena terpotong di tengah jalan. Selain itu, banyak pula CSR yang kegiatannya tidak bermanfaat dan tidak memberdayakan masyarakat," ujarnya. (kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar